Selamat "Hari Guru"



Hari Guru.

Bangun tidur, liat pm-pm di bbm, timeline twitter, beranda fb, hampir semua mengatakan hal yang sama, “Selamat Hari Guru”. Well, bukan sesuatu yang salah tentunya, tapi gue selalu punya prinsip, untuk melakukan sesuatu bukan karena sekedar ikut-ikutan, tapi bener-bener karena punya alas an.
“Hari guru” Kenapa, ada hari guru, tapi gak ada hari karyawan, atau hari pengusaha, atau, hari-hari buat orang lain yang bekerja secara khusus dalam bidangnya? Misal, hari masinis, hari Pilot, hari Programmer? Bukanya sama aja ya, guru atau Pilot, atau Masinis, atau Programmer itu sama-sama karyawan? Kenapa ada yang berbeda buat mereka para “guru”? 

Masinis, Pilot, Programmer, itu kan nyari duit? | Lah emang guru gak nyari duit? 

Tapi kan guru membagikan ilmu pada orang lain. | Tapi kan dia dibayar | Tapi bermanfaat kan? | Masinis, pilot, programmer emg gak bermanfaat?

Mungkin orang-orang bakal menjawab gini, “tanpa masinis atau pilot, kereta dan pesawat memang gak bisa terbang, tapi tanpa guru, masinis dan pilot gak bakal ada.” Apa ini pembelaanya? OK kalau gitu, mau tanya dong, emang yang ngajarin Masinis buat bisa melajukan kereta itu Guru? Apa bukan masinis juga? Atau emang yang ngajarin pilot supaya bisa menerbangkan pesawat itu bukan pilot juga? Atau senior Pilot, atau mantan Pilot, atau Cuma seorang guru biasa, org yang berprofesi jadi guru?  Kok, bilang, tanpa guru, masinis dan pilot itu gak ada sih? Terus bakal di jawab gini lagi, “ Ya, mereka yg ngajari pilot itu, pilot juga sekalian guru”. Kalau gitu, hari guru ini buat siapa sebenernya? Siapa sih atau yang mana sih yang bisa disebut guru? Seseorang yang berprofesi “Guru” atau seseorang entah apapapun profesinya, tapi bisa memberikan manfaat pada orang lain dengan ilmunya, dan dapat mengajarkan ilmunya pada orang lain?

Kalau gue sih cenderung memilih yang kedua. Apapun profesinya, tapi bisa memberikan manfaat pada orang lain dengan ilmunya, dan dapat mengajarkan ilmunya pada orang lain.

Bagaimana menurut teman-teman? Terserah sih. 

Share this:

ABOUT THE AUTHOR

Hello We are OddThemes, Our name came from the fact that we are UNIQUE. We specialize in designing premium looking fully customizable highly responsive blogger templates. We at OddThemes do carry a philosophy that: Nothing Is Impossible

0 komentar:

Posting Komentar