[Blogging] Antara Uang, Kebebasan dan Hobby


- Apa niat terbesar dalam blogging?

- Apa motivasi yang menguatkan impian anda?

Tadi di dalam grup Whatsapp yang saya ikuti, ditanyakan dua pertanyaan tersebut. Sebenarnya dua pertanyaan tersebut saling terkait satu sama lain. Karena dari motivasi itulah yang menjadi alasan terbesar saya dalam blogging.

Jadi apa niat terbesar saya dalam blogging? Oke saya tidak mau disebut munafik untuk menjawab pertanyaan ini. Niat terbesar saya dalam blogging tentu saja karena uang! Saya ngeblog karena ingin bisa mendapatkan penghasilan dari blog saya. Lebih besar lagi bahkan ingin bisa mandiri dan menjurus banyak duit dengan nge-blog!

Muluk-muluk? Mungkin, tapi kenapa tidak? Tidak bolehkah saya bermimpi? Toh mimpi itu datang tidak dengan sendirinya. Banyak orang atau banyak blogger sukses yang mengispirasi saya. Entah benar atau tidak, mereka bahkan bisa kaya dengan hanya menulis di blog loh. Salah satu blogger sukses yang katanya mendapatkan penghasilan sampe lebih dari seratus juta setiap bulanya, adalah Eka Lesmana, dan dia bukan dari kalangan orang yang berpendidikan tinggi. Bagaimana hal ini tidak membuat saya iri? Siapa yang tidak mau kaya?

Tapi ternyata hal itu bukanlah motivasi terbesar saya untuk bisa menghasilkan duit dari blog. Bukan karena saya ingin kaya raya. Tidak,lebih dari itu saya mendambakan kehidupan yang bebas. Kehidupan bebas seperti yang saya inginkan. Terutama kebebasan sebagai seorang manusia yang tidak terikat pada perusahaan. Tidak ada boss atau atasan yang memerintah saya. Hal ini begitu saya dambakan. Walaupun Alhamdulillah, sudah saya dapatkan sejak satu setengah tahun yang lalu. Meskipun bukan lewat jalan blogging.

Tetapi meskipun sudah saya dapatkan keinginan saya untuk hidup bebas seperti yang saya inginkan, keinginan untuk bisa sukses dalam blogging tetap tidak berubah. Meskipun sudah berkali-kali berganti-ganti blog, saya tidak menyerah untuk terus memulainya lagi dari awal. Meskipun masih sangat berat untuk terus menulis secara rutin, bukan berarti saya tidak melakukan apapun. 

Sedikit-demi sedikit saya kembali membiasakan diri untuk suka membaca. Demi apa? Demi bisa menulis banyak hal. Karena seperti yang saya dengar akhir-akhir ini, seorang penulis harus banyak membaca. Ini Wajib! Sekarang saya sudah memiliki beberapa plan untuk tetap menulis meskipun masih banyak kekurangan. Bukan hanya banyak kekurangan, tapi penuh kekurangan di mana-mana. Tapi rencana saya sudah mulai berjalan di beberapa hal. Tinggal konsistensi dalam membaca dan menulis setiap hari. Ini butuh perjuangan, karena harus berdampingan dengan pekerjaan utama saya yang lain. Dimana dari situlah saya dapatkan duit.

Tetapi justru karena itulah saya sadar. Mungkin bukan hanya karena ingin dapat uang, atau dapatkan kebebasan saya tujuan saya blogging. Tapi lebih karena panggilan jiwa untuk menulis. Saya suka membaca, suka menonton, pun sedikit banyak suka mengamati kehidupan. Lebih dari itu saya suka sekali menuliskan apa yang ada di kepala saya, entah yang sudah saya mengerti atau yang masih jadi pertanyaan ke dalam curahan dalam bentuk tulisan. Walaupun masih hanya sekedar tulisan di status facebook. Kurang keren bukan? Malah tergolong alay dan lebay. Tapi, saya tak bisa lari dari kenyataan bahwa saya memang suka menulis. Tinggal di perbaiki saja medianya. Semoga bisa mulai di pindahkan dari status facebook ke blog. Semoga bobot tulisan saya selalu terus membaik, dari sekedar status facebook, menjadi artike blog yang menarik dan bermanfaat.

Jadi, mungkin dari sini bolehlah saya ambil kesimpulan, bahwa niat terbesar saya dalam blogging adalah menulis itu sendiri. Dan motivasi yang menguatkannya adalah ingin berhasil menjadi seorang penulis. Dan untuk tujuan tersebut, saya harus bisa konsisten dengan diri saya untuk terus bisa menulis. Konsisten untuk terus memperbaiki tulisan saya dengan banyak membaca, belajar, dan memperbanyak pengalaman.

Sekian, semoga dapat menjadi sebuah jawaban yang baik, untuk diri saya sendiri supaya tidak melenceng dari tujuan menulis sesungguhnya. 

Share this:

ABOUT THE AUTHOR

Hello We are OddThemes, Our name came from the fact that we are UNIQUE. We specialize in designing premium looking fully customizable highly responsive blogger templates. We at OddThemes do carry a philosophy that: Nothing Is Impossible

0 komentar:

Posting Komentar