Memandang Dunia Dari Kacamata Yang Berbeda


Memandang dunia dari kacamata yang berbeda. Aku tidak yakin judulnya cocok atau tidak untuk mewakili tulisan ini. Seringkali aku perhatikan, hal-hal tentang diriku, tentang dirimu, tentang orang-orang lain. Kadang aku mengerti, kadang hanya sedikit mengerti dan terkadang tidak mengerti sama sekali.

Beberapa hari ini, beberapa teman sering share lowongan pekerjaan dari perusahaan-perusahaan besar BUMN di Indonesia. Beberapa tertarik, beberapa hanya berkata terima kasih dan beberapa tidak mau kalah untuk share informasi loker lainya. Aku hanya diam melihatnya. Tidak sedikitpun berniat menanggapinya. Yah, tidak ada urusan mungkin lebih baik diam bukan?

Esoknyapun masih sama, share lagi, info loker lagi, beberapa mencoba membahasnya. (Tidak terlalu banyak yang membahasnya dikarenakan mungkin usia kita bukan usia baru lulus kuliah. Jadi hanya beberapa teman yang tertarik mungkin ia masih ragu dengan tempat kerjanya sekarang ini)

Dan tadi malam ada yang berbeda dari share tersebut, seseorang meng share pelatihan bisnis online dan pendaftarannya. Kebetulan itu target yang sedang getol-getolnya aku usahakan. Ikut pelatihan kewirausahaan, jualan atau investasi. Yang manapun tidak masalah. Yang pertama aku hanya ingin mencobanya, lalu melihat sisi pandang orang lain dalam melihat hal ini, lalu berkenalan dengan banyak orang dengan minat yang sama, yang mana sangat sedikit kutemukan. Dan otomatis hanya aku sendiri yang mengomentarinya.

Kemudian aku mulai merasa ada jalan yang begitu berbeda yang kita tempuh, hal-hal yang sangat berbeda yang kita pandang. Yah mungkin aku hanya beberapa orang di antara mereka yang sama sekali tidak tertarik untuk mencari karir sebagai karyawan atau mengumpulkan banyak uang dari bekerja sebagai karyawan. Memang bukan satu-satunya, tapi aku yakin sebagian kecilnya.

Perbedaan ini terkadang mengundang beberapa komentar dari teman-teman. Mungkin mereka kadang merasa aneh, merasa tidak biasa, bahkan merasa aku terlalu arogan karena tidak ikut apa yang mereka lakukan. Ohh aku benar-benar telah lelah dengan perdebatan mana yang baik diantara kedua pilihan itu. Masing-masing ada baik dan buruknya. Jika mereka mulai mengolok-olok, akupun punya ribuan senjata untuk mengolok balik mereka. Tapi itu tidak pernah menyelesaikan masalah.

Bagiku, perbedaan itu bukan lagi tentang mana yang paling benar, mana yang paling tepat, atau mana yang paling baik. Bagiku ini adalah cara pandang yang berbeda. Mungkin aku melihat dunia dari kacamata seorang yang yakin bahwa menjadi karyawan jauh lebih beresiko ketimbang menjadi pengusaha yang sebenarnya besar sekali resikonya.

Dan terkadang aku lebih suka berpikir bahwa, ini mimpiku, dan itu mimpimu. Bukankah setiap orang memiliki mimpi yang berbeda-beda? Bukankah itu wajar untuk memiliki mimpiku sendiri? Bila ini tentang mimpi masing-masing, kita tidak perlu saling menyakiti dengan membahas mana yang terbaik dan mana yang terburuk bukan? Setiap alasan yang kalian katakan untuk mengatakan mimpiku itu buruk, pastilah menyakitiku. Dan bahkan ketika aku memberikan pembelaan untuk mimpiku, bisa jadipun itu sangat menyakiti kalian. Biarlah kita berjalan di mimpi kita masing-masing.

Mungkin aku hanya memandang dunia ini dari kacamata yang berbeda dengan kacamata yang kaliang gunakan untuk melakukan hal yang sama.

Share this:

ABOUT THE AUTHOR

Hello We are OddThemes, Our name came from the fact that we are UNIQUE. We specialize in designing premium looking fully customizable highly responsive blogger templates. We at OddThemes do carry a philosophy that: Nothing Is Impossible

1 komentar:

  1. The Best Gambling Sites 2021 - JTM Hub
    Here's our list of 거제 출장안마 the Best 광양 출장샵 Gambling Sites 2021 and learn about top 사천 출장안마 sites with the best bonuses and 안성 출장샵 promotions. Claim 거제 출장안마 your welcome bonus today.

    BalasHapus