Bebas Seperti Burung

Sebenernya kurang pas sekali judulnya, "bebas seperti burung" karena kita semua tahu, ada berapa banyak rumah yang langit-langitnya tergantung sangkar burung lengkap dengan isinya? Dan ada berapa banyak sangkar burung dalam setiap rumah si pecinta burung?
 
Jadi kita ambil saja kesimpulan, bahwa ada dua jenis burung di dunia ini. Burung bebas yang "nangkring di pohon" dan terbang di langit yang luas. Dan burung yang terkurung, terikat, terbelenggu dalam kandang yang mahal, makanan yang enak, dengan suara yang merdu. 

Dan judul bebas seperti burung di atas tentu saja maksudnya adalah yang pertama. Jenis burung yang bebas untuk bertengger di dahan pohon manapun yang ia sukai, dan bebas terbang di langit-langit kapanpun ia mau. Meskipun jenis burung ini memiliki resiko kematian yang jauh lebih besar, karena bisa saja meskipun bebas, ada banyak penjahat manusia yang mengincarnya dengan senapan angin, dengan ketapel karet dan lain sebagainya. Bisa saja, sewaktu-waktu nyawanya benar-benar dalam bahaya. Bukan hanya mengkhawatirkan para penjahat manusia dan gangguan lainya yang membahayakan nyawanya, jenis burung ini juga tidak pernah punya kepastian dalam hal rejeki. Tidak seperti jenis burung satunya, yang makananya terjamin selalu ada disediakan oleh pemiliknya, juga makananya pun enak-enak, mahal-mahal, paling berkualitas kata mereka. Tapi jujur saja aku lebih memilih menjadi burung bebas seperti jenis burung pertama ini.

Mereka para burung bebas dan juga aku yang sangat mencintai kebebasan ini hanya akan selalu yakin, bahwa mati itu takdir, tak seorangpun dapat melawanya meskipun ia terlindung dalam kandang mahal lagi mewah pun sangat kokoh. Mereka para burung dan juga aku yang sangat mencintai kebebasan ini hanya akan selalu yakin, bahwa jika kami terbang mencari makan dipagi hari, pastilah akan pulang dengan perut kenyang sore harinya. Biarlah cukup Allah yang menjamin rejeki kita. Mereka para burung yang bebas dan aku, akan terus mencintai kebebasan ini dibanding terkurung dalam kandang mahal, mewah serta kokoh, lengkap dengan makanan enaknya. Karena kita, para pecinta kebebasan, kebebasan itu lebih berarti dan jauh lebih mahal daripada kehidupan mewah mereka para burung di dalam sangkar.

Share this:

ABOUT THE AUTHOR

Hello We are OddThemes, Our name came from the fact that we are UNIQUE. We specialize in designing premium looking fully customizable highly responsive blogger templates. We at OddThemes do carry a philosophy that: Nothing Is Impossible

0 komentar:

Posting Komentar